Sunday, April 5, 2015

#Softskill

Komunikasi Bisnis

     Komunikasi

Komunikasi berakar kata Latin, ”comunicare”, artinya "to make common" – membuat kesamaan pengertian, kesamaan persepsi. Akar kata Latin lainnya “communis” atau “communicatus” atau “common” dalam bahasa Inggris yang berarti “sama”, kesamaan makna (commonness). Ada juga akar kata Latin ”communico” yang artinya membagi. Maksudnya membagi gagasan, ide, atau pikiran. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

     Menurut Para Ahli

William J. Seller:  William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

Carl I. Hovland: Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

New Com: Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Bernard Barelson & Garry A. Stein: Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.


      Bisnis

      Bisnis berasal dari bahasa Inggris business, mengembangkan kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Sedangkan dalam kamus lengkap bahasa Inggris karangan Prof. Drs. S. Wojowasito dan W.J.S Poerwadarminta, business diterjemahkan menjadi : pekerjaan; perusahaan; perdagangan; atau urusan. 

         Menurut Para Ahli

Musselman dan Jackson ( 1992 ) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah suatu aktivitas yang           memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat,perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

Gloss,Steade dan Lowry ( 1996 ) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standart serta kualitas hidup mereka.


Allan Afuah ( 2004 ) beliau mengartikan bahwa bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang di inginkan konsumen.


Steinford mengartikan bisnis sebagai suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Menurut Steinford, jika kebutuhan masyarakan meningkat, lembaga bisnis pun akan meningkat perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sambil memproleh laba.


           Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.

            Memiliki enam unsur pokok, yaitu:

1.           Memiliki tujuan
2.           Pertukaran
3.           Gagasan, opini, informasi, instruksi
4.           Menggunakan saluran personal atau impersonal
5.           Menggunakan simbol atau sinyal pencapaian tujuan organisasi


         Menurut Para Ahli

Menurut Katz (1994:4) Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

Menurut Rosenbaltt (1982:7) Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Menurut Curtis (1992:6) Komunikasi dalam organisasi Bisnis ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.


ANALISIS : ZARA (Clothing Line)

       Zara adalah salah satu merek yg berasal dari Spanyol dan bermarkas di Arteixo, Gallicia. 
Zara didirikan pada tahun 1975 oleh Armancio Ortega dan Rosallia mera. Zara sendiri merupakan 
flagship store dari Inditex, yg juga memiliki beberapa merek ternama lainnya seperti :Massimo Dutti 
, Pull and Bear , Oysho, Uterqüe, Stradivarius dan Bershka. 

       Awal mulanya Armancio hanya membangun satu toko di Spanyol dan ternyata hasilnya cukup 
sukses. Dimulai dari satu toko tersebut Armancio membuka toko lagi di Spanyol, yang hingga saat 
ini sudah memiliki ratusan atau bahkan ribuan cabang diseluruh dunia. Dan pakaian yang dibuat 
mereka mengikuti tren sekali, membuat para wanita dan para penggembar fashion "fashionista" 
menggunakannya. Walaupun bisa dikatakan "lumayan mahal" tetapi bagi sebagian orang hal itu 
Worth it. Dan sampai saat ini di Indonesia memiliki 9 toko Zara yaitu; Kota Kasablanka, Kelapa 
Gading, Pondok Indah Mall, Grand Indonesia dan masih banyak lagi. 



Nama : Swastining Tyas
Kelas  : 3SA 05
NPM  : 17612229


Sources :












No comments:

Post a Comment