Wednesday, November 21, 2012

TATA KRAMA IKLAN



1.  Penggunaan Kata “Satu-satunya” : Iklan yang menggunaka kata paling, ter, nomor satu,
     dan satu-satunya.

     Penjelasan : Di akhir iklan ini di berikan label NO.1 di Dunia 

     Contoh : NIVEA FOR MEN  
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=zpMLryGYAeY

      

2.  Pencantuman Harga : Iklan yang mencantumkan harga yang tidak sesuai dengan aslinya.

     Penjelasan : Di iklan ini berapa harga paket dan sebagainya, padahal saat kita mencoba 

     pasang paket itu lebih mahal dari yang di sebut.
     Contoh : Telkomsel As
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=PQYUDgleI0g

     

3.  Tanda Asterik (*) : Iklan yang menggunakan tanda asterik di iklan tersebut.

     Penjelasan : Di iklan ini kita bisa lihat tanda asterik saat iklan berlangsung yang
     menjelaskan kelemahan, kelebihan, atau efek samping.

     Contoh : Pantene & Rexona Skin Light
                     Link :  https://www.youtube.com/watch?v=uz4-lS76IZ4

                                https://www.youtube.com/watch?v=IWpOs0qcekw




    

4.  Merendahkan : Iklan yang meremehkan atau merendahkan produk lain.

     Penjelasan : Di iklan ini disebutkan kata-kata “Yamaha semakin di depan yang lain
     ketinggalan” dan “Yang lebih mahal banyak”.

     Contoh : Yamaha Jupiter Z & Hit
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=BnBQ70glOxY
                               https://www.youtube.com/watch?v=9ucdRWDI9GE

    
5.  Khayalak Anak-anak : Iklan yang disiarkan saat anak-anak masih menonton tv atau masih
     Melakukan aktivitas.

     Penjelasan : Di iklan ini terlihat wanita dan pria yang bersikap mesra dan sensual (adegan mesra).

     Contoh : Sutra & Axe deodorant spray
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=m_C9aZ-SZ4k
                               https://www.youtube.com/watch?v=3rhOP1z_NZ0



 

6. Waktu Tenggang (elapse time) : Iklan yang mengabaikan kesehetan dan jangka waktu
    yang diberikan pada produk  tersebut.

    Penjelasan : Di Iklan tersebut tidak di sampaikan dalam jangka waktu berapa lama produk
    itu akan bereaksi membuat hasil sebagus atau sebaik yang si sampaikan di iklan.

    Contoh : OBH Combi & New Pantene 2012
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=OQSBY_nsSxM
                               https://www.youtube.com/watch?v=5OtVTBauji4



7. Keselamatan : Di Iklan tersebut di perlihatkan orang yang melakukan hal yang berbahaya  
    yang mengabaikan faktor keselamatan.

    Penjelasan : Di iklan ini diperlihatkan laki-laki yang memakan helm pengendara di
    sebelahnya padahal sebenarnya hal terbut sangat berbahaya dan nenek yang membuat
    taxi berhenti secara tiba-tiba.

    Contoh : TUC Kraft & New Green Tea Taxi ver.
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=djAFSSx5U6k
                               https://www.youtube.com/watch?v=rHHMfEV49SA



8. Peniruan : Iklan ini tidak boleh dengan sengaja meniru iklan pesaing dalam segi konsep,
    fitur, model dan sebagainya.

    Penjelasan : Apple merupakan smartphone pertama yang paling canggih dengan fitur  
    yang sangat canggih dari touch screen , kamera, model yang tipis, aplikasi,dll. Lalu   
    beberapa tahun terakhir ini samsung mulai mengeluarkan smartphone dengan fitur touch
    screen, tipis, dan sebagainya. Yang fitur tersebut digunakan oleh Apple terlebih dahulu.

    Contoh : Apple “Iphone” & Samsung
                   Link : https://www.youtube.com/watch?v=JhPhUBjNRzw&feature=relmfu
                             https://www.youtube.com/watch?v=yr2g_aJQzQk


  
9. Penampilan Pangan : Iklan tidak boleh penyia-nyiaan, pemborosan, atau perlakuan tidak
    pantas terhadap makanan dan minuman.

    Penjelasan : Di iklan ini di perlihatkan makanan yang di gunakan terlalu berlebihan
    (pemborosan) atau diluar  batas wajar pemakaian dan di sia-siakan.

    Contoh : Gulaku, Nyam-Nyam & Sunlight “Demo Masak”
                     Link : https://www.youtube.com/watch?v=3qz9VdEGsxI
                               https://www.youtube.com/watch?v=XuFfK-vlEzY&feature=related
                               https://www.youtube.com/watch?v=62TQgFDeVeE&feature=related
                               https://www.youtube.com/watch?v=1ELy_6t1gkQ

 

No comments:

Post a Comment