Saturday, October 4, 2014

Jurnalistik "Feature"

Feature



Dalam ilmu jurnalistik, feature merupakan salah satu bentuk tulisan non fiksi, dengan karakter human interest yang kuat. Feature adalah sebuah tulisan jurnalistik juga, namun tidak selalu harus mengikuti rumus klasik 5W + 1 H.

Feature adalah jenis tulisan yang lebih bersifat menghibur, isinya kadang sesuatu yang remeh dan luput dari liputan wartawan straight news, tetapi tidak terlalu terikat dengan tenggat waktu. Ia bisa ditulis kapan saja dan di-publish kapan saja.

Bentuk tulisan feature tidak terpaku pada bentuk piramida terbalik. Justru mengharapkan pembaca mengikuti dengan seksama dari awal hingga akhir tulisan. Kalau diberita langsung (straight news) pembaca cukup membaca paragraf awal tulisan, maka di dalam feature justru inti tulisan baru ditemukan bila membaca dari awal hingga akhir. Dalam penulisan feature agar tidak tersesat kemana mana, tentukan dulu angle/sudut pandang tulisan yang akan memandu arah tulisan.


Fungsi feature mencakup lima hal:
a. Melengkapi sajian berita langsung (straight news).
b. Pemberi informasi tentang suatu situasi, keadaan, atau peristiwa yang terjadi.
c. Penghibur dan pengembangan imajinasi yang menyenangkan.
d. Wahana pemberi nilai dan makna terhadap suatu keadaan atau peristiwa.
e. Sarana ekspresi yang paling efektif dalam mempengaruhi khalayak.




Jajan Enak Harga Murah


Saat ini jajanan sudah dapat kita temui di manapun dan kapanpun. Tidak perlu susah pula dalam mencari jajanan. Salah satu yang saya pernah kunjungi merupakan Wargih "Warung Nagih". Biasanya saya kesana pada hari Sabtu untuk jajan atau sekedar minum-minum saja. Wargih terletak di Jl. Kapten Tendean, Mampang Prapatan buka pada pukul 17.00 - 01.00 (Senin-Kamis) sedangkan pukul 17.00 - 01.30 (Juma't - Minggu). Roti bakar masih menjadi favorit jika ingin makan disana. Karena roti bakar disana menyediakan berbagai macam topping antara lain nutella, toblerone, marshmallow, keju dll. Menu lain juga tersedia disana seperti dimsum, pisang bakar, mie dll.


photo by www.burpple.com



Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, sehingga banyak sekali anak mudah yang memilih untuk makan disana. Harga di mulai dari Rp 6.500-Rp 20.500 untuk menambah topping mulai dari rp 3.500-Rp 8.500 sesuai topping yang di pilih. Itu mengapa tempat ini masih saja ramai, terkadang kita perlu mengantri untuk mendapatkan tempat duduk. Karena jika kita datang terlalu malam tempat akan penuh sehingga perlu menunggu "waiting list". Jangan takut terlalu lama mengunggu karena waktu menggu anda akan terbayar oleh lezatnya roti bakar wargih. 



Source: http://abdurrosyid.wordpress.com/2009/07/30/mengenal-tulisan-jurnalistik-feature-berita-kisah-berita-khas/

No comments:

Post a Comment