Saturday, April 6, 2013

Gunung dekat Ibukota Jakarta


               Jika anda bosan dengan berlibur ketempat yang keramaian ataupun yang sudah biasa seperti mall, taan hiburan,dll. Gunung bisa menjadi pilihan anda belibur, tidak harus menghendaki tapi bisa juga untuk camping atau kemah. Selain itu jika kita berlibur ke gunung kita tidak harus menghabiskan uang yang seperti saat kita liburan biasanya. Liburan ke gunung juga bisa memperat tali kekeluargaan kita, bisa makin dekat dan bersenang-senang. Cukup membawa logistic untuk makan, tenda, baju ganti, kita sudah bisa menikmatinya. Dan kita usah perlu pergi jauh-jauh dekat Jakarta juga masih ada gunung seperti berikut ini :

1.       Gunung Pancar
Gunung yang berada di kawasan sentul, bogor ini sangat bagus untuk berkemah karena gunung ini dikelilingi oleh pohon pinus. Biaya masuk per-orangnya hanya 1000-5000 rupiah jika anda membawa kendaraan. Dan jika kesana tidak perlu khawatir makan apa atau minum apa karena disana banyak sekali warung yang menyediakan makanan dan minuman.  Pada akhir minggu gunung ini ramai oleh para pecinta sepeda gunung, karena disini merupakan tempat track sepeda gunung yang paling dekat dari Jakarta. Disini juga ada pemandian air panas yang bisa dinikmati setelah berkeliling kawasan ini.

cr:owner not mine


2.       Gunung Salak
Gunung ini berada di kabupaten Sukabumi, Bogor, Jawa Barat tempat yang cocok jika anda suka mendaki gunung tapi tidak ingin terlalu jauh. Disini kita dapat berkemah dibawah ataupun di gunungnya. Jika tidak ingin lelah anda bisa mencari tempat berkemah dibawah, banyak sekali tempat yang disediakan untuk berkemah dan jika tidak memiliki tenda juga bisa menyewa tenda. Tidak perlu repot membawa makanan ataupun minuman seperti gunung pancar, disini ada warung yang menyediakan makanan dan minuman. Jika ingin mendaki dan langsung pulang juga bisa, dan disini juga terdapat air terjun yang tidak jauh dari perkemahan. Tapi hati-hati karena gunung ini lembab banyak binatang seperti lintah and pacet jadi hati-hati saat berjalan.
   
cr:owner not mine

3.       Gunung Papandayan
Gunung yang berada di kabupaten Garut, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut. Berhubung gung ini cukup tinggi, gunung ini sangat luar biasa dinginnya. Kita bisa berkemah di bawah dekat dengan parkiran ataupun diatas tapi kita harus mendaki jika ingin kemah diatas. Ke gunung yang satu ini anda perlu membawa jaket dan pakaian dingin agar anda bisa tidur nyenyak saat malam hari. Track untuk gunung ini tidak sulit tetapi hanya panjang jai perjalanan memakan waktu 1-3 jam. Hati-hati karena saat menuju perkemahan jalan menanjak cukup curam dan sempit. Tetapi perkemahannya sangat indah ada padang ilalang dan bunga edelweiss.

cr:owner not mine












p.s:take it w/ full credit (cr: mine and wikipedia)


No comments:

Post a Comment